Peralatan Safety

8 Peralatan Safety, Penting Bagi Para Pekerja Agar Lebih Aman

Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan kunci dasar bagi para pekerja, terutama pekerja proyek. Maka dari itu, para pekerja perlu beberapa alat pelindung diri atau alat safety. Alat pelindung diri itu sendiri harus sesuai standar dan berkualitas agar para pekerja nyaman ketika menggunakannya. Lalu apa saja peralatan safety yang di butuhkan para pekerja khususnya pekerja proyek? Berikut ulasannya.

Inilah Peralatan Safety yang Di perlukan Pekerja

Peralatan safety berfungsi untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. Oleh sebab itu, perusahaan wajib sediakan APD sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

Penggunaan APD selama bekerja mempunyai banyak tujuan, yakni melindungi diri dari insiden atau kecelakaan di tempat kerja. Meskipun tidak 100% menjaga, APD bisa mengurangi keparahan pada luka kecelakaan.

Nah, berikut ini beberapa peralatan pelindung diri yang harus di sediakan oleh perusahaan untuk para pekerjanya.

 1. Helm

Peralatan APD atau safety pertama yakni alat pelindung kepala atau helm. Topi pelindung atau helm ini berfungsi untuk lindungi area kepala akibat paparan aliran listrik, bahan kimia, sampai kecelakaan karena tertimpa benda berat maupun tajam.

Secara umum, pelindung kepala ini mempunyai fitur tambahan berupa tali penahan, braket pelindung telinga, dan bantalan kepala. Bantalan tali pada helm ini berfungsi untuk menahan dari benturan benda jatuh sehingga leher tidak cedera.

2. Sarung Tangan

Sarung tangan sebagai peralatan safety, berfungsi untuk melindungi tangan pekerja dari situasi yang mengakibatkan cedera tangan. Bahan dan bentuk sarung tangan di sesuaikan dengan masing-masing pekerja. Sarung tangan yang baik biasanya berbahan karet nitril atau NBR dengan ketebalan 0.10 mm, sudah mempunyai sertifikat EN 374, dan EN 455.

3. Safety Belt

Safety belt atau tali pengaman ini sangat di perlukan oleh pekerja dengan tenaga kerja tinggi. Alat pelindung ini berfungsi untuk melindungi diri dari kecelakaan yang dapat mengakibatkan patah tulang, cedera kepala, suspension trauma syndrome, trauma ketinggian, bahkan kematian.

4. Masker Atau Respirator

Masker atau respirator ini sebagai perlindungan maksimal untuk organ pernapasan para pekerja. Fungsi dari respirator ini yakni mampu menyaring cemaran bahan kimia, mikroorganisme, partikel debu, asap, dan gas.

5. Penutup Telinga

Selama bekerja di lingkungan bising, para pekerja perlu menggunakan pelindung telinga agar melindungi sistem pendengaran suara tidak terganggu bahkan tuli berkepanjangan. Tak lain agar telinga pekerja lebih nyaman dan tidak mengalami kerusakan.

6. Pelindung Wajah

Face field atau pelindung wajah sangat berguna untuk para pekerja. Apalagi kerjanya bersinggungan dengan paparan bahan kimia maupun partikel-partikel lain yang berbahaya. Adanya alat pelindung ini, pekerja akan terjamin keselamatan dan kenyamanannya.

7. Pelampung

Pelampung atau jaket berwarna oren dan kuning ini berfungsi untuk melindungi pekerja yang bekerja di atas air atau di permukaan air agar terhindar dari bahaya tenggelam. Selain itu, alat pelindung ini juga untuk mengatur keterapungan pengguna agar dapat berada di posisi aman.

8. Safety Glasses (Kacamata Pengaman)

Peralatan safety lainnya yakni safety glasses. Fungsinya untuk melindungi mata dari risiko cedera atau pun iritasi. Kacamata pengaman ini perlu ada di perusahaan, terutama proyek untuk para pekerja agar lebih nyaman dan menjaga keselamatan.

Peralatan safety harus ada di perusahaan dan wajib di gunakan oleh para pekerja agar menjaga keselamatan dan keamanan ketika bekerja. Bagi Anda yang sedang mencari peralatan pelindung diri, langsung saja hubungi lestarisafety.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Hallo selamat datang di toko alat safety indonesia